Rabu, 23 Maret 2011

Servis TV Tidak Ada Warna Ke Vcd/ Dvd

Oleh Mas Tono 0 komentar

Tv yang dihubungkan ke vcd/ dvd sering dilakukan dalam kehidupan sehari - hari, hal tersebut mungkin kita ingin mencari suasana yang berbeda dengan acara - acara tv , dengan kata lain "Bosen dengan TV pindah VCD/DVD", ya hal tersebut wajarlah kita lakukan untuk menghibur diri kita sendiri, ingin nonton film horor, ingin nonton film lucu, kartun, ingin mendengarkan musik dll.
Tapi jika pada waktu asyik - asyiknya nonton itu semua, tiba - tiba warnya pada layar video tv tidak ada dan gambarnya hanya hitam putih, terus apa yang anda lalukan???Padahal kalau nonton TV tidak begitu, tapi kalau disambungkan ke VCD ataupun DVD pasti hal tersebut terjadi.
Ya pastinya anda jengkel dan marah, tapi santai saja , disini saya akan memberi tahu anda, langkah apa yang harus anda lakukan jika itu terjadi pada diri anda.

Untuk lebih jelanya kita ikuti langkah - langkah yang harus dilakukan :
  1. Langkah pertama yaitu dengan mencolok cabut kabel penghubung antara Tv dan DVD ( Connector RCA ). Jumlahnya biasanya ada 3 :
    • Warna merah untuk audio L/R
    • Warna putih/ hitam juga sama untuk audio R/ L
    • Warna Kuning untuk Video.
      Yang harus di cek adalah kabel yang warnya kuning, jika ternya rusak gantilah dengan yang baru.
  2. IC switch Video rusak, letaknya dibelakang RCA Female pada tv.
    Gantilah IC Video tersebut dengan yang baru.
  3. Selain itu juga bisa disebabkan oleh Flyback bagian Screen kotor, anda bisa mengganti Flybacknya atau bisa juga dengan cara mencangkok flyback tersebut.
Semoga bermanfaat bagi anda???.


Servis TV Gambarnya Semutan

Oleh Mas Tono 0 komentar

Televisi yang semutan bisa disebabkan oleh antena pada tv tersebut, biasanya hal ini sering terjadi pada musim penghujan, karena antenanya sering terkena air dan kabel - kabelnya mengalami karatan atau bisa juga mengalami korosi ( kabel yang harganya murah).

Hal tersebut dapat menyebabkan penangkapan sinyal dari pemancar ke penerima antena lemah, oleh sebab itu itu rawatlah antena anda dengan sebaik-baiknya. kalu bisa pada musim penghuja sebaiknya antena dipindah kedalam rumah saja, untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan ( Tersambar petir).

Langsung aja ke proses perbaikan TVnya, Berikut adalah langkah - langkahya :
  1. Pertama ya itu tadi mengecek antenanya, kabel - kabelnya jangan diglung, kalau kelebihan sebaiknya dipotong saja, karena kabel yang terlalu panjang, hambatannya pun juga panjang.
  2. Ceklah Tuner tvnya, bersihkan dan solder ulanglah, hati - hatilah dalam penyolderan, karena didalam tuner itu komponennya sangat kecil sekali, jangan sampai solderannya connect dengan yang lain.
  3. Jika masih tetap semutan gantilah tuner tersebut dengan yang baru.

Maaf saja kalau postingannya terlalu pendek, soalnya saya tidak bisa berpanjang lebar, toh akhirnya juga ,pokok permasalannya diatas yang paling penting.

Selamat mencoba, semoga dapat membantu anda semua.


Servis TV Tulisan Burem/ Pecah

Oleh Mas Tono 3 komentar

Sering kita jumpai saat kita melihat acara televisi yang tiulisan maupun gambarnya pecah, hal tersebut bisa disebabkan oleh pengaturan britness dan contras pada menu tv, selain itu ada juga kerusakan tersebut disebabkan oleh kerusakan pada komponen dalam tv.

Untuk lebih jelasnya kita ikuti cara memperbaiki tv tersebut.
Berikut adala cara memperbaikitv yang tulisannua burem / pecah :
  1. Pertama atur ulang pengaturan britness dan contras nya
  2. Selanjutnya kita menuju rangkaian horizontal tepatnyan bagian komponen - komponen yang berada di sekitar Flyback, ukurlah elco yang menuju tegangan B+ pada Flyback, elco ini yang menyebabkan kerusakan tersebut, jika rusak gantilah dengan yang baru.
  3. Selain elco ada juga komponen yang juga rusak yaitu resistor yang menuju Flyback tersebut.
  4. Langkah terakhir yaitu dengan pengaturan Britness dan contras pada Flyback tv, jika ternyata salah satu atau keduanya tidak berfungsi maka yang menyebabkan adalah flyback tersebut. Kita bisa menganti Flyback dengan yang baru, selain itu juga ada cara yang dilalukan yaitu dengan cara mencangkok Flyback.

Semoga dapat membantu anda dalam hal pereparasian tv di rumah. 


    Servis TV Channel Pindah Sendiri

    Oleh Mas Tono 0 komentar

    Dulu saya pernah berpengalaman dalam servis TV yang Channelnya sering pindah sendiri, hal tersebut bisa disebabkan oleh kerusakan pada antena maupun pada tv tersebut sendiri.
    Caranya yaitu dengan  mengotak-atik bagian antena , lakukan pengecekan pada bagian dalammya, lalu dibersihkan dengan menggunakan air tinner ( sering digunakan untuk membersihkan peralatan elektronika) , dan disolder ulang bagian kabel yang berhubungan dengan board antenanya.
    Jika hal tersebut masih tetap pindah channelnya, maka kita perlu melakukan perbaikan tv dengan cara membuka bagian dalam televisi tersebut.

    Berikut langkah - langkah untuk memperbaiki televisi yang channelnya pindah sendiri :
    1. Hal seperti ini juga sering disebabkan oleh kerusakan pada switch channel
      Gantilah switch tersebut dengan yang baru, harganya relatif murah ( sekitar Rp.1000,-)
    2. Jika sudah dilakukan ternyata masih belum beres juga, lakukan langkah berikutnya dengan mengukur tegangan yang ada pada Tuner tv , Tegangan B+ / AGC/ VCC nya ada yang 5 Volt, ada juga yang 12 Volt.
      Selain itu di tuner tv juga ada tegangan yang Voltasenya lumayan besar, tegangan tersebut namanya tegangan VT / TU yang besarnya 33 - 130 Volt.
      Cek lah tegangan tersebut, Jika ternyata besar tegangannya kurang dari nilai tersebut berarti ada komponen yang rusak ataupun terbakar ( Biasanya Elco bocor : 220 uF/16 V, 100 uF/ 160 V dan dioda : 1N4002).
    3. JIka Langkah tersebut sudah dilakukan maka langkah yang terakhir adalah dengan mengganti Tuner Tv tersebut, tapi sebelum anda menggantinya, cobalah bongkar tuner tersebut lalu bersihkan dan solder ulanglah, karena solderan yang kendor pada tuner bisa menyebabkan hal semacam itu, jika masih tetap tidak berhasil gantilah tunernya dengan yang baru ( Harganya sekitar Rp. 30.000,-)
    Semoga hasil postingan ini bermanfaat bagi anda semua.


    Servis TV Tidak Ada Suara

    Oleh Mas Tono 15 komentar

    Dalam sebuah televisi tentunya ada suatu rangkaian audio yang fungsinya sebagai output suara yang dihasilkan oleh tv tersebut. Jika televisi tersebut tidak mengeluarkan suara rasanya berarti ada kerusakan pada rangkaian audio tv yang diakibatkan oleh rusaknya sebuah komponennya.
    Selain itu ada juga televisi yang tidak mengeluarkan suara yang diakibatkan oleh kesalahan pada setingan frekuensi suara yaitu besarnya 5,5 Mhz.

    Untuk lebih jelasnya, kita ikuti cara perbaikannya dibawah ini.
    Berikut adalah cara untuk memperbaiki tv yang tidak ada suaranya :
    1. Langkah pertama yang harus dilakukan  yaitu dengan melihat setingan suara pada layar tv, sebesar 5,5 Mhz.
    2. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek loudspeaker, ceklah dengan menggunakan Multimeter yatu pada posisi Ohmmeter, hubungkan kabel proof multimeter dengan kaki speaker, apabila bunyinya ' krek-krek' berarti loudspeakernya masih dalam keadaan baik, Jika tidak berbunyi berarti loudspeakernya rusak dan harus diganti.
    3. Selanjutnya yaitu dengan mengukur tegangan yang masuk pada IC audio, tegangannya  antara 14 - 20 Vdc, Jika tegangan kurang dari nilai tersebut berarti ada komponen yang rusak , komponen yang sering rusak tersebut yaitu Dioda yang menuju tegangan tersebut dan Elco ( 470 uF/25 V atau 470 uF/50 V).
    4. Jika komponen tersebut tidak ada yang rusak, bisa dipastikan kerusakan tersebut dikarenakan oleh Ic Audio yang sudah rusak ( Tipe IC Audio yang sering digunakan : AN 5265, TDA 2003, TDA 2006, TDA 7075 dan  LA 4285).
     Sebenarnya kerusakan tersebut sangat mudah diperbaiki sendiri, Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, selain itu juga bisa digunakan untuk servis tv orang lain.
    Selamat mencoba, Semoga berhasil.


    Servis TV yang Gambarnya Gelap

    Oleh Mas Tono 38 komentar

    Dalam dunia servis tentu kita mengalami masalah yang timbul pada kerusakan tv yang tentunya sulit kita selesaikan tanpa memiliki sebuah keahlian servis.
    Kali ini saya membahas tentang cara servis tv yang gambarnya gelap, burem dan gambar sering bergerak - gerak.
    Kerusakan seperti ini disebabkan oleh beberapa komponen yang sudah rusak ataupun pengaturan pada tv tersebut sendiri.

    Berikut adalah cara untuk memperbaiki TV yang gambarnya gelap :
    1. Langkah pertama yaitu solder ulang bagian penembak, karena kerusakan seperti ini sering disebabkan oleh bagian ini dan Flyback.
    2. Selanjutnya ceklah Elco yang ukurannya 10 uF/250 V, letak nya di power supply tegangan catu daya Flyback.
    3. Ceklah Resistor yang berada di dekat Flyback
      Biasanya ukurannya :
      • 1K5/0,5 W
      •  3,3/ 1 W
      •  0,1/2 W
      •  4,7/2 W
      •  10 K/(1/4 W)
    4.  Aturlah Screen dan Focus pada Flyback, apabila tidak berfungsi berarti Flybacknya rusak dan harus diganti, selain itu juga bisa dengan cara lain yaitu dengan mencangkok Flyback.
    5. Langkah terakhir yaitu dengan mengganti Soket penembak yang terdapat di rangkaian penembak.

    Fly back TV

    Dulu saya sering memperbaiki kerusakan seperti ini, sering juga terkena sengatan listriknya...
    saran saya harap hati - hati dalam pengecekan komponen fly back ini.

    Sekarang giliran Anda menerapkan sedikit pengalaman dari saya.

    Selamat Mencoba, semoga berhasil.


    Servis TV Tidak Ada Sinyal/ Channel

    Oleh Mas Tono 9 komentar

    Tv yang tidak memiliki channel / siaran disebabkan oleh tidak tertangkapnya sinyal frekuensi dari sebuah pesawat pemancar tv ( tv transmitter) oleh pesawat penerima yang ditangkap oleh antena televisi yang langsung disalurkan ke bagian tuner tv.
    Hal hal tersebut banyak dipengaruhi oleh beberapa hambatan sehingga sinyal tidak bisa tertangkap sempurna oleh sebuah antena tv, hal yang mempengaruhi antara lain :
    • Jarak antara pemancar dan penerima terlalu jauh
    • Banyak penghalang, sehingga sulit  diterima oleh sebuah pesawat penerima ( pohon dan pegunungan ).
    • Letak pesawat penerima berada didaerah pelosok
    • Letak antena  penerima terlalu rendah
    • Rusaknya sebuah antena tv sehingga sinyal tidak bisa diterima secara maksimal.
    Hal tersebut merupakan masalah ekternal pada sebuah televisi yang sulit mendapatkan siaran dari pemancarnya, kalau mengenai masalah internalnya, dalam sebuah pesawat penerima televisi tersebut mengalami kerusakan pada bagian komponen dalam tv.

    Berikut adalah cara untuk memperbaiki televisi yang sulit mendapatkan sinyal ataupun tidak ada sinyal sama sekali :
    1. Pertama tama ceklah sebuah antena televisi, pastikan antenanya dalam keadaan masih baik.
      Selanjutnya ceklah kabel yang menuju ke rangkaian tuner, pastikan kabelnya tidak ada yang putus dan tidak saling berhubungan singkat.
    2. Langkah kedua yaitu dengan memeriksa jack penghubung kabel dengan tuner dalam posisi tidak berkarat, biasanya tuner sudah berkat, selain itu input tuner yang mejadi penghubung antara kabel penghubung dengan tuner juga sering mengalami kerusakan seperti colokannya putus / goyah, maka solderlah colokkan tersebut.
    3. Setelah anda mengecek semua diatas ternyata masih dalam keadaan baik, maka kita perlu mengecek komponen bagian dalamnya. Sebelum melakukan pengecekan terlebih dahulu solder ulanglah bagian penerima sinyal tv tersebut.
    4. Ukurlah tegangan yang masuk ke B+ tuner sekitar 5- 12 Vdc, Selain itu ada juga tegangan yang lumayan tinggi yang masuk kerangkaian tuner bagian  VT tuner yang tegangannya sekitar 110 - 130 Vdc.
      Jika tegangan  kurang dari yang telah saya sebutkan diatas, berarti ada komponen yang rusak seperti elco dan resistor yang letaknya di tegangan supply diatas.
    5. Jika tegangan sudah normal tetapi masih tetap sinyal belum ada, kita lakukan langkah berikutnya yaitu dengan cara mengecek bagian dalam tuner tv, denagn cara dibersihkan lalu disolder ulang, jika masih tetap saja belum bisa berarti tuner tersebut sudah rusak dah harus diganti dengan yang baru, pastikan tipenya sama, jika tidak ada gantilah dengan jumlah dan letak kaki yang sama.
    6. Jika semua langkah telah dilakukan tetapi masih saja belum bisa normal, maka kerusakan tersebut disebabkan oleh IC Program dan harus diganti.
    Silahkan mencoba dan mengotak atik tv anda atau bahkan anda berminat jadi sebuah teknisi tv dengan belajar disini. Terima kasih.


    Minggu, 20 Maret 2011

    Servis TV yang Tidak Ada Warnanya

    Oleh Mas Tono 11 komentar

    Kerusakan yang menyebabkan sebuah televisi berwarna yang tidak mengeluarkan warnanya sering disebabkan oleh kerusakan komponen pada rangkaian IC program dan rangkaian penembak ( rangkaian yang terdapat dibelakang ujung tabung ).
    Selain itu yang menyebabkan Tv tidak ada warnanya bisa juga disebabkan oleh setingan di remote tv.
    Maka Tv Anda harus di servis agar warna bisa muncul kembali.

    Berikut adalah cara untuk memperbaiki tv yang tidak ada warnanya :
    1. Pastikan sebelum melakukan pengecekan pada setiap komponen lalukan solder ulang terlebih dahulu, soalnya saya sering mengalami hal seperti ini, tinggal solder ulang bagian kaki IC Program dan Rangkaian penembak warna sudah muncul.
    2. Lakukan pengukuran tegangan pada kaki IC B+ RGB muncul tegangannya sekitar 5 - 12 V, jika tidak muncul tegangan berarti komponen Elco B+ sudah rusak.
    3. Selanjutnya lakukan pengukuran tegangan pada rangkaian penembak tabung, biasanya komponen yang sering rusak adalah Transistor yang berjumlah 3 buah beserta Resistornya.
    4. Jika semua pengecekan sudah dilakukan tetapi belum juga warnanya muncul dilayar tv, maka kerusakan disebabkan oleh IC PROGRAM / WARNA.
    Komponen yang sering rusak pada rangkaian penembak tabung :
    1. Resistor
      Ukurannya : 22K/2 W, 27K/2 W, 12K/2 W, 10K/2 W, 2K/2 W.
    2. Transistor
      Tipenya      : C 2482, C 3229, C 2688.