Rabu, 22 Desember 2010

Servis Vcd/ Dvd Mati


Rabu, Desember 22, 2010 |

VCD/ DVD yang seringkali mati disebabkan oleh rangkaian power supply. Pada saat ini kebanyakan Vcd/ Dvd yang marak dipasarkan menggunakan sistem power supply ACMatic.
Sistem ACMATIC yaitu sistem power supply yang mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC dengan cara penurunan tegangan menggunakan Resistor dalam Watt yang relatif besar.
Prinsip kerja dari sistem ini adalah menurunkan tegangan menggunakan Resistor kemudian disearahkan menggunakan Dioda, lalu tegangan tersebut masuk ke Transformator dan kembali disearahkan oleh Dioda dan dibagi menjadi tegangan yang dibutuhkan perangkat tersebut ( +21 v, -21v, 5 v, 8 v , dan 12 v )
Apabila rangkaian ACMATIC tersebut rusak maka VCD/ DVD tersebut tidak bisa nyala/ mati.



Berikut adalah cara - cara memperbaiki Vcd/ Vcd mati :
  1. Pertama - tama ceklah rangkaian ACMATIC, Ukurlah tegangan output pada rangkaian tersebut( 5 v dan 8 v/ 12 v). Kalau tidak keluar berarti ada komponen yang rusak/ terbakar.
  2. Ceklah Resistor utama yang fungsinya untuk penurun tegangan, apabila ternyata putus/ terbakar gantilah dengan yang baru.
  3. Setelah pengujian resistor ternyata dalam keadaan masih baik, langkah selanjutnya yaitu dengan pengujian Dioda penyearah, ceklah dengan menggunakan multitester, apabila ada salah satu yang rusak , gantilah dioda tersebut.
  4. Langkah selanjutya yaitu dengan pengujian Transformator/ Trafo, ukurlah dengan multitester dengan skala x1, apabila putus/ terbakar lebih baik jangan menggantinya karena trafonya sulit untuk didapatkan ( ditoko- toko jarang ada yang sama kode/ struktur kakinya), lebih baik Anda mengganti rangkaian ACmaticnya, apabila masih baik kita lakukan langkah berikutnya.
  5. Langkah berikutnya yaitu pengujian pada Dioda penyearah setelah trafo ( kebanyakan kerusakan pada Rangkaian ACmatic disebabkan oleh kerusakan pada dioda ini). Apabila diodanya terbakar/ short, gantilah dioda tersebut.
  6. Langkah terakhir yaitu pengujian pada Optocoupler bentuknya kotak berkaki 4 ( 128 dan 817 ). Komponen ini juga rawan kerusakan, telitilah dalam proses pengujian karena berbeda hambatan sedikit saja, tegangan yang dikeluarkan juga berbeda.Apabila proses pengujian selesai kita tinggal mengukur tegangan output pada rangkaian ACmatic tersebut, jika tegangan yang dikeluarkan sudah normal kita tinggal menghubungkan soket tegangan ke rangkaian MPEG, dan VCD/ DVD sudah siap dinyalakan.



 

INGAT!!! : Dalam proses pengujian rangkaian ACMATIC tersebut berhatilah- hatilah karena dulu saya pernah berkali - kali mendapatkan kejutan listrik dari rangkaian tersebut karena tanpa sengaja rangkaiannya tersentuh.


Baca juga yang ini :


10 komentar:

Anonim mengatakan...

saya mau tanya mas tono.,ap penyebabnya kalau DVD d'ON-kan hidup tp tdk lama kemudian mati.,hal tersebut berulang setiap kali d'ON-kan..!
dugaan saya memang pada power supply tp belum tahu komponen mana yg harus d'ganti..
kalau bisa post lewat email aj y : agus_linggis26@yahoo.com
sblmnya thenks

sastro mengatakan...

GAN MAO NANYA DVD MATI PADAHAL POWERSUPLY NYA BAGUSS APANYA YA GANNN PLSSSSS post lewat email aj.. sastrolempong@gmail.com trmsss

lbukhori mengatakan...

mau tanya.. ada vcd pake acmatic dia mati.. pas mau tak cek komponen - komponennya dibagian ac.. masih menyimpan tegangan . padahal udah gx tak colokin di sumber teganan PLN.. kerusakan pa ya ?? tolong dijelasin..

bisa kirim lewat mluqmanbukhori@gmail.com

trims.

Mas Tono mengatakan...

sorry gan baru bisa bales comentnya, soalnya lagi sibuk kerja n jarang buka blog lagi....
agus_linggis26@yahoo.com : kalau tidak salah balasan sudah sudah saya kirim ke email agan
sastrolempong@gmail.com : Cek dulu bagian power supply tegangannya yang masuk berapa, terus cek tegangan outputnya, kebanyakan power supply DVD tegangan outputnya 5, 8, dan 12 VDC.
mluqmanbukhori@gmail.com : usahakan pada waktu mengecek tegangan setelah beberapa menit colokannya dicabut dari listrik PLN, kan itu ada komponen elco yang fungsinya menyimpan arus sementara, jadi komponen acmatic tersebut masih menyimpan tegangan untuk beberapa saat.

Anonim mengatakan...

Mas tono tolong kirimkan juga jawaban dari pertanyaan agus_inggris26@yahoo.com ke
e-mail saya ilwandaleopard@yahoo.com karena permasalahnya sama

Maswar Servis mengatakan...

siip ,good posting. semoga sukses

Sujianto Soetedjoputra mengatakan...

Oke siip mas bro...saya coba tip dan triknya

Mas Tono mengatakan...

@maswar servis
ok pak, semoga bisa membantu urusan servis bapak....
ditunggu saja update an selanjutnya...
Aamiin.........

Mas Tono mengatakan...

@Sujianto Soetedjoputra
Ok pak brow...
silahkan dilanjut...ditunggu update an terbarunya ya

Mas Tono mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

Poskan Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar Anda???