Senin, 11 Oktober 2010

Cara Servis TV Yang Sering Konsleting


Senin, Oktober 11, 2010 | ,

Mungkin kita jengkel dengan kejadian seperti ini. Malam - malam waktunya berkumpul dengan keluarga untuk menikmati acara pada layar televisi, tangan mulai menancapkan kabel jack tv ke tegangan PLN, lalu menekan tombol power pada tv....tiba-tiba... Kleeeeeggggg.........padamlah semua listrik dalam rumah anda. Mungkin Anda berfikiran bahwa listrik dirumah tidak kuat dengan beban yang begitu besar. Berbagai cara telah anda lakukan untuk menangani masalah tersebut dengan penambahan daya, penggantian sekring, penambahan penyatabil tegangan dll.
Setelah Anda sadari , bahwa hanya pada waktu menyalakan televisi lah listrik dirumah Anda menjadi padam.
Dengan kata lain, Tv dinyalakan langsung konsleting ( njeglek).

Untuk itulah perlu dilakukan perbaikan pada televisi Anda.
Berikut adalah cara cepat untuk memperbaiki tv yang apabila dinyalakan terjadi konsleting :

  1. Buka cover tv Anda
  2. Seperti biasa Groundkan tegangan yang terdapat pada tabung tv.
  3. Ukurlah Resistor Kapur( bentuknya kotak memanjang dan ada juga yang bulat memanjang) pada rangkaian power supply utama ( biasanya resistor ini putus / pecah).
  4. Setelah pengecekan resistor selesai , lakukan langkah berikutnya yaitu pengecekan pada Dioda Bridge ( kakinya 4 selain itu ada juga yang memakai dioda silikon biasa ).
  5. Ternyata hasil dari pengecekan Dioda masih dalam keadaan baik semua, kita melanjutkan langkah berikutnya yaitu pengecekan pada TRANSISTOR POWER SUPPLY.
    Biasanya Transistor power supply ini short dan ada juga yang transistornya pecah.
    Kebanyakan kerusakan seperti ini yang sering saya jumpai adalah penyebab utamanya TRANSISOTOR POWER SUPPLY yang sudah short ( selain memakai transistor, ada juga tv yang memakai STR sebagai penguat power supply) .
  6. Lahkah terakhir pada perbaikan kali ini adalah pengecekan pada Transformator ( Trafo) . Ukurlah hambatan pada trafo tersebut, Dalam kasus ini semua kaki pada trafo saling berhubungan dan akhirnya terjadilah hubungan singkat pada trafo ini ( penyebab utamanya yaitu lilitan yang terdapat dalam trafo ini terbakar dan saling hungan singkat).

Selamat bekerja dan semoga sukses selalu...

SEMOGA BERHASIL???


Baca juga yang ini :


2 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks... tek coba gan....
lo mw ty2 ke alamat mana ya gan???
jawab ke @mail toohard_e@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Mas kasus tv saya sama seperti Di atas , mau tanya tv polytron model lama trans powernya Dan resistror kapurnya bgmana cara menyebut ukuranya kalau mau beli gantinya, trima kasih

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar Anda???