Rabu, 23 Maret 2011

Servis TV Channel Pindah Sendiri


Rabu, Maret 23, 2011 | ,

Dulu saya pernah berpengalaman dalam servis TV yang Channelnya sering pindah sendiri, hal tersebut bisa disebabkan oleh kerusakan pada antena maupun pada tv tersebut sendiri.
Caranya yaitu dengan  mengotak-atik bagian antena , lakukan pengecekan pada bagian dalammya, lalu dibersihkan dengan menggunakan air tinner ( sering digunakan untuk membersihkan peralatan elektronika) , dan disolder ulang bagian kabel yang berhubungan dengan board antenanya.
Jika hal tersebut masih tetap pindah channelnya, maka kita perlu melakukan perbaikan tv dengan cara membuka bagian dalam televisi tersebut.

Berikut langkah - langkah untuk memperbaiki televisi yang channelnya pindah sendiri :

  1. Hal seperti ini juga sering disebabkan oleh kerusakan pada switch channel
    Gantilah switch tersebut dengan yang baru, harganya relatif murah ( sekitar Rp.1000,-)
  2. Jika sudah dilakukan ternyata masih belum beres juga, lakukan langkah berikutnya dengan mengukur tegangan yang ada pada Tuner tv , Tegangan B+ / AGC/ VCC nya ada yang 5 Volt, ada juga yang 12 Volt.
    Selain itu di tuner tv juga ada tegangan yang Voltasenya lumayan besar, tegangan tersebut namanya tegangan VT / TU yang besarnya 33 - 130 Volt.
    Cek lah tegangan tersebut, Jika ternyata besar tegangannya kurang dari nilai tersebut berarti ada komponen yang rusak ataupun terbakar ( Biasanya Elco bocor : 220 uF/16 V, 100 uF/ 160 V dan dioda : 1N4002).
  3. JIka Langkah tersebut sudah dilakukan maka langkah yang terakhir adalah dengan mengganti Tuner Tv tersebut, tapi sebelum anda menggantinya, cobalah bongkar tuner tersebut lalu bersihkan dan solder ulanglah, karena solderan yang kendor pada tuner bisa menyebabkan hal semacam itu, jika masih tetap tidak berhasil gantilah tunernya dengan yang baru ( Harganya sekitar Rp. 30.000,-)
Semoga hasil postingan ini bermanfaat bagi anda semua.


Baca juga yang ini :


0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar Anda???