Minggu, 08 Maret 2009

Pengertian Thyristor


Minggu, Maret 08, 2009 |

Thyristor adalah komponen dalam rangkaian elektronika yang lebih banyak dipakai sebagai Tranduser/ Sensor, yaitu pengendali rangkaian otomatis pada sistem kontrol elekrtonik.
Jenis - jenis Thyristor :
  1. DIAC
    DIAC adalah komponen yang dapat dialiri arus DC dari elektroda 1 ke 2 atau sebaliknya, dan apabila dialiri arus AC akan disearahkan setengah gelombang dari elektroda 1 ke 2 atau sebaliknya.
    DIAC dapat dialiri arus dari kiri ke kanan atau sebaliknya, maka dapat dipakai untuk mendrive motor DC/AC untuk arah putaran kiri dan kanan.
    Contoh : 1N5758.
  2. TRIAC
    TRIAC adalah komponen yang dapat dialiri Arus DC dari electroda 1 ke 2 atau sebaliknya dengan bantuan sinyal trigger pada Gate, dan apabila dialiri arus AC akan disearahkan setengah gelombang dari elektroda 1 ke 2 atau sebaliknyaselama gate mendapat sinyal Trigger.Bila sinyal Triggernya di Offkan, makan TRIAC juga akan Off.
    TRIAC dapat dialiri arus dari kiri ke kanan atau sebaliknya, maka dapat dipakai untuk mendrive motor DC/AC untuk arah putaran kiri dan kanan , dengan bantuan kontrol sinyal trigger pada Gate.
    Contoh : ECG 5629, ECG 5620
  3. SCR Silikon Control Rectifier
    SCR adalah Komponen bila dihubungkan dengan sumber tegangan DC maka arusnya akan mengalir dari Anoda ke Katoda selama Anoda dihubungkan dengan polaritas positif , katoda dengan polaritas Negatif dan di trigger pada Gate nya dengan sinyal pen trigger.
    Contoh : ECG 5440, ECG 5538, ECG 5460


Baca juga yang ini :


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar Anda???