Sabtu, 19 Februari 2011

Servis Tv Yang Memancarkan Api dan Bunyi Keretek


Sabtu, Februari 19, 2011 | ,

Di dalam sebuah pesawat televisi , meskinya terdapat sebuah tabung yang fungsinya sebagai penampil gambar pada saat tv tersebut dinyalakan.

Jika pada waktu menyalakan tv tersebut ternyata ada suara gemeratak pada bagian dalam pesawat tersebut, dan di dalamnya terdapat percikan api yang terdapat pada tabung, tidak salah lagi kerusakan tersebut diakibatkan oleh tabung tv yang sudah kotor, maupun kopnya, selain itu hal semacam ini juga diakibatkan oleh beberapa komponen yang rusak sehingga mempengaruhi tegangan yang masuk kedalam tabung tersebut menjadi berkurang.

Untuk lebih jelasnya , saya terangkan tv yang sering mengalami kerusakan seperti itu :

  1. TV FUJITEK

    Yang menyebabkan kerusakan :

    • Hal seperti ini biasnya sering disebabkan oleh kop pada tabung tv yang sudah kotor, maka bersihkanlah dengan lap kain, jangan lupa bersihkan juga lubang yang terdapat pada tabung, tapi sebelum itu anda harus meng-groundkan dulu tegangan pada tabung agar tegangan pada tabung tidak ada.

  2. TV YAMASTAR

    Yang menyebabkan kerusakan :

    • Hampir sama dengan Tv Fujitek, tapi pada Tv Yamastar sendiri yang sering mengakibatkan kerusaka seperti ini adalah solderan pada kaki Flyback yang sudah mulai kendor, sehingga dapat mengurangi tegangan yang masuk pada tabung tv, maka solderlah kaki Flyback tersebut yang sudah kendor.
    • Selain itu tadi , ada lgi yang sering membuat kerusakan seperti ini pada tv ini, yaitu kerusakan pada kopnya yang sudah kendor, sehingga daya rekatnya berkurang, maka agantilah kop tersebut dengan yang baru.
    • Ini yang juga sering terjadi yaitu kebocoran atau terkelupasnya kabel flyback sehingga dalam tv tersebut menghasilkan percikan api yang terang dan dapat mengeluarkan suara gemeratak pada bagian dalam pesawat tv, cara untuk memperbaiki yaitu dengan cara melapisi kabel tersebut dengan selang plastik dari flyback sampai ke ujung kop.

  3. TV GOLDSTAR

    Yang menyebabkan kerusakan :

    • Pada tv Goldstar beda lagi, kerusakan kebanyakan disebabkan oleh Elco 220 uF / 160 V dan 100 uF / 160 V, yang fungsinya sebagai penyetabil tegangan yang masuk pada Flyback tv, jika komponen ini rusak maka tegangan yang dihasikan menjadi tidak rata / tidak stabil dan tegangannya pun berubah - ubah sehingga tegangan yang masuk ke Flyback pun sering berubah - ubah dan tegangan yang menuju tabungpun tidak stabil sehingga menyebabkan suara gemeratak pada bagian tabung tv. Cara memperbaikinya yaitu tinggal mengganti kedua Elco tersebut dengan yang baru.

INGAT??? :
Pada dasarnya kerusakan semua pesawat TV diatas disebabkan oleh hal yang sama tetapi tergantung pada tv tersebut sendiri dan masalah yang sering terjadi pada pesawat tv tersebut.

Servis / memperbaiki TV Sharp, Polytron,Thosiba, Digitec, Goldstar,Fujitec,Yamastar,TCL,Grundic, Star, wcom, JVC,dan Merk China lainnya.


Baca juga yang ini :


2 komentar:

Madtrix.Yn.Lt mengatakan...

Info Yang Bagus

Unknown mengatakan...

Maaf gan tlat balsnya karena jarang update dan sibuk dengan pekerjaan

Terima kasih untuk agan Madtrix.Yn.Lt
Semoga bermanfaat

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar Anda???