Sabtu, 18 Desember 2010

Mereset Printer Canon IPF6100/ 8100


Sabtu, Desember 18, 2010 |

Bagi Anda yang ingin belajar servise printer Plotter/ Large Format silahkan lihat- lihat hasil dari postingan saya. Kali ini saya akan memposting Bagaimana cara mereset Maintenance Cartridge pada printer plotter, khususnya untuk printer Canon IPF Image Prograf Seri 1 ( IPF 710/6100/ IPF 8100 / IPF 9100 ).
Dalam sebuah mesin printer pastinya terdapat Maintenance Cartridge, terus apa yang dimaksud dengan Maintenace Cartridge tersebut???
Maintenance Cartridge yaitu Tempat pembuangan limbah tinta pada mesin printer.
Terus langkah apa yang dilakukan pada tempat tersebut agar bisa berjalan dengan normal tanpa mengganggu aktifitas mencetak???Mestinya kita menyadari , pada proses percetakan pasti ada pembuangan tinta yang masuk ke tempat tersebut, dan pada proses tersebut kita dapat mengurangi kapasitas kerja dari tempat tersebut, meskipun bentuknya sepele.
Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan mereset Maintenance Cartridge tersebut.
Tujuan dari langkah tersebut yaitu untuk menjadikan capasity pada Maintenace Cartridge menjadi 100%.
Pada Mesin canon system kerjanya menggunakan sistem sensor, maksudnya semua aktifitas dari alat kerja memiliki sebuah pembaca/ pemantau.
Pada mesin Canon system kerja dari unit- unit/ bagian- bagian saling berhubungan , apabila terjadi salah satu kerusakan pada bagian tersebut, tentunya mesin pun tidak bisa berjalan.
Untuk itulah kita harus selalu mengecek tempat tersebut dan mereset nya. Untuk selanjutnya kita lihat Bagaimana cara meresetnya.

Berikut adalah Cara- cara untuk mereset Maintenance Cartridge :


  1. Matikan mesin printernya.
    Caranya yaitu cabut Jack AC, terus tekan tombol power pada control panel akan nyala sebentar terus mati, setelah itu tkan tombol powernya sekali lagi ( langkah ini untuk menghilangkan arus pada mesin tersebut ).
  2. Tekan tombol : Feeder selection + information + power secara bersamaan.
    Langkah tersebut untuk menampilkan menu Service Mode pada control panel.
  3. Selanjutnya tekan Menu - Service Mode - tekan panah kanan pada control panel - setelah panah kanan muncul menu Display - terus tekan panah kiri lalu cari menu Initialize - setelah itu tekan panah bawah pada control panel muncul menu Warning - setelah itu tekan panah kanan cari tulisan W - Ink lalu tekan Enter / OK, selanjutnya muncul tulisan = pada samping kiri W - Ink
  4. Pada waktu itu tunggu beberapa detik sampai tulisan = hilang dengan sendirinya, dan proses mereset Maintenance Cartridge sudah selesai.
  5. Setelah itu untuk keluar dari menu Service Mode, caranya yaitu dengan menekan tombol power. Lalu nyalakan printer seperti biasa, untuk memulai proses percetakan.
Untuk mengetahui hasil dari proses pengresetan tekan information maka Capasity Maintenance akan kembali menjadi 100%

NB : Tolong di cek Maintenance Cartridge nya apabila tinta pembuangan di tempat tersebut sudah penuh, tolong di kuras dan dibersihkan, dengan cara mengeluarkan spon kemudian dicuci dengan air tanpa diperas cukup dengan disemprot air sampai bersih, dan biarkan sampai kering.
Untuk Cartridge nya sendiri cukup di lap dengan tissue/ kain sampai bersih, apabila dibersihkan dengan air takutnya jika chip nya terkena air nanti bisa rusak.
Untuk sementara menunggu spon sampai kering gunakan tissue/ kain untuk pengganti spon sementara agar Maintenance dapat dipasang kembali.


Baca juga yang ini :


4 komentar:

Unknown mengatakan...

kesalahan apa si catrik tidak berjalan normal
kerusakan pada apa si
jelaskan

Unknown mengatakan...

Kalau masalah cartridge tidak berfungsi bisa disebabkan level cartridge sudah habis,selain itu chipnya rusak juga bisa

Unknown mengatakan...

Kami punya plotter Canon IPF605, muncul pesan "close upper cover" pada saat start up dan selanjutnya tidak bisa diapa-apakan itu karena apa ya ?...terimakasih

desoen mengatakan...

terima kasih banyak Plotterku sudah jalan lagi

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar Anda???